Rabu, 30 Oktober 2013

PERKEMBANGAN TEKNOLIGI KENDARAAN

FUEL CELL VIHECLE
Kendaraan di atas merupakan kendaraan fuel cell yang dikembangkan oleh pabrikan HONDA, mobil ini diberi nama HONDA FCX, sebenarnya HONDA mengeluarkan dua kendaraan fuel cellnya yang satunya namanya HONDA FCX CLARITY. Keuntungan dari kendaraan fuel cell sangatlah banyak, Sel bahan bakar memiliki potensi yang sangat baik sebagai sumber daya masa depan diantaranya :

• 50 persen bahan bakar yang lebih efisien daripada mesin bensin konvensional Kisaran Hingga 400 mil
• Hampir bebas emisi - emisi utama adalah air, karena prosesor bahan bakar, itu juga karbon dioksida
• operasi lebih tenang
• pemeliharaan rendah - beberapa bagian yang bergerak
• Beroperasi pada suhu ambien
• 0-60 dalam waktu kurang dari 7 detik dengan pengurangan berat badan 40%
Komponen dari fuel cell ada beberapa item yaitu
Ø  Fuel cell stacks
Ini adalah jantung dari sel bahan bakar mobil hidrogen-fuel cell stacks. Output maksimumnya adalah 86 kilowatt, atau sekitar 107 HP. Karena tumpukan sel bahan bakar hidrogen menghasilkan listrik tanpa pembakaran, hal itu bisa sampai dua kali lebih efisien sebagai mesin pembakaran internal. Fuel cell stacks juga menghasilkan nol karbon dioksida dan polutan lainnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang fuel cell stacks, lihat Bagaimana Fuel Cells Kerja.

Tipikal proton exchange membrane - ( PEM ) bahan bakar hidrogen. Pikirkan mereka sebagai baterai besar, tetapi orang-orang yang hanya beroperasi ketika bahan bakar dalam hal ini, hidrogen adalah murni diberikan kepada mereka. Ketika itu , reaksi elektrokimia terjadi antara hidrogen dan oksigen yang secara langsung mengubah energi kimia menjadi energi listrik . Berbagai jenis sel bahan bakar yang ada, tapi satu mobil terutama berfokus pada untuk mobil sel bahan bakar adalah salah satu yang bergantung pada membran proton pertukaran atau PEM. Dalam sel bahan bakar PEM generik digambarkan di sini, membran PEM yang terjepit di antara elektroda bermuatan positif ( katoda ) dan elektroda bermuatan negatif ( anoda ) . Inilah yang terjadi dalam sel bahan bakar : Ketika gas hidrogen dipompa dari tangki bahan bakar tiba di anoda, yang terbuat dari platinum, platinum mengkatalisis reaksi yang mengionisasi gas. Ionisasi istirahat atom hidrogen ke dalam ion positif ( proton hidrogen ) dan ion negatif ( elektron ) . Kedua jenis ion secara alami tertarik ke katoda terletak di sisi lain dari membran, tetapi hanya dapat proton melewati membran ( maka nama " proton - tuka"). Elektron dipaksa untuk pergi berkeliling PEM , dan sepanjang jalan mereka didorong melalui sirkuit , menghasilkan listrik yang berjalan sistem mobil .
Menggunakan dua rute yang berbeda, proton hidrogen dan elektron cepat mencapai katoda. Sementara hidrogen diumpankan ke anoda, oksigen diumpankan ke katoda, di mana katalis menciptakan ion oksigen. Setelah tiba proton hidrogen dan elektron ikatan dengan ion oksigen, menciptakan dua " produk limbah " dari uap reaksi - air dan panas . Beberapa uap air akan didaur ulang untuk digunakan dalam humidifikasi dan sisanya menetes keluar dari knalpot sebagai " air ". Siklus ini berlangsung terus menerus selama mobil dinyalakan dan bergerak, ketika itu pemalasan, output dari sel bahan bakar dimatikan untuk menghemat bahan bakar dan ultracapacitor mengambil alih AC listrik dan komponen lainnya .
Sebuah sel bahan bakar hidrogen memberikan tegangan rendah, sehingga produsen " fuel cell stacks " sel bahan bakar bersama dalam seri, seperti dalam baterai sel kering. Semakin banyak lapisan, semakin tinggi tegangan . Arus listrik, sementara itu, harus dilakukan
dengan luas permukaan. Semakin besar luas permukaan elektroda, semakin besar arus. Salah satu tantangan besar mobil hadapi adalah bagaimana meningkatkan output listrik ( kali tegangan arus ) ke titik di mana konsumen mendapatkan kekuatan dan jarak mereka terbiasa sementara juga penghematan ruang dalam batas-batas yang ketat dari sebuah mobil .
Ø  Fuel cell coolling system
ini memiliki beberapa bagian. Bertengger di sudut di depan kendaraan adalah radiator yang besar untuk sistem sel bahan bakar, sementara dua radiator untuk motor dan transmisi terbentang di depan roda depan di bawah lampu. Mobil tersebut juga memiliki pompa pendingin yang terletak di dekat tumpukan sel bahan bakar untuk menstabilkan suhu di dalam tumpukan (fuel cell stacks).
Ø  Ultracapasitor

Unit ini berfungsi sebagai sumber daya tambahan untuk fuel cell stack. Seperti baterai besar, ultracapacitor pulih dan menyimpan energi yang dihasilkan selama perlambatan dan pengereman. Menggunakan energi ini untuk memberikan "kekuasaan membantu" saat startup dan percepatan.
Ø  Hydrogen tank

Ruang dalam mobil terbatas, namun hidrogen adalah yang paling unsur dispersif di alam semesta dan biasanya membutuhkan banyak ruang. Tantangan bagi produsen adalah bagaimana untuk kompres gas ke dalam tangki cukup kecil untuk muat dalam mobil kompak, namun juga memberikan bahan bakar yang cukup untuk ratusan mil dari mengemudi antara refuelings. Dua tangki hidrogen tekanan tinggi di dalam kendaraan ini dapat menampung hingga 3,75 kg hidrogen dikompresi untuk sekitar 5.000 PSI-cukup untuk mengaktifkan EPA-rated 190 mil mengemudi sebelum pengisian bahan bakar, pabrikan itu mengatakan.
Ø  Electrick motor


 (Area umum hanya-motor tidak terlihat) Motor listrik menawarkan output maksimum 80 kilowatt, yang memungkinkan kecepatan tertinggi sekitar 93 mil per jam. Produsen mengatakan kendaraan ini juga dapat memulai dalam suhu di bawah titik beku (turun sekitar -4 ° F), masalah abadi dalam prototipe sel bahan bakar. Menjadi listrik, mesin dan mobil secara keseluruhan tenang, dengan tidak ada getaran atau suara knalpot dari mobil bertenaga gas.
Ø  Air pump

(Areanya atau tempatnya umum, hanya pompa udara tidak terlihat ) Dijalankan oleh motor listrik tegangan tinggi, pompa ini mensuplai udara pada tekanan yang tepat dan laju aliran ke tumpukan sel bahan bakar. Udara, pada gilirannya, bercampur dengan hidrogen yang tersimpan untuk menciptakan listrik .
Ø  Humidifier
Humidifier memantau dan menjaga tingkat kelembaban bahwa fuel cell stack perlu untuk mencapai efisiensi operasi puncak. Hal ini dilakukan dengan memulihkan sebagian air dari reaksi elektrokimia yang terjadi di dalam fuel cell stack dan daur ulang untuk digunakan dalam humidifikasi.
Ø  Power control unit

(Areanya umum, hanya daya unit kontrol tidak terlihat ) ini mengontrol sistem listrik kendaraan, termasuk pompa udara dan pendinginan serta output dari tumpukan sel bahan bakar, motor listrik dan ultracapacitor.

 Ø  Cabin

Dengan tumpukan sel bahan bakar tersembunyi di bawah lantai dan tangki hidrogen dan ultracapacitor di bawah dan di belakang kursi belakang , masing-masing, kabin empat penumpang terisolasi dari semua hidrogen dan jalur tegangan tinggi . Gas hidrogen tidak berwarna dan tidak berbau , dan luka bakar hampir tak terlihat . Apabila terjadi kebocoran , karena itu, produsen telah menempatkan sensor hidrogen seluruh kendaraan untuk memberikan peringatan dan gas otomatis menutup- off . Juga , dalam hal tabrakan , garis tenaga listrik sumber dimatikan .
Ø  Catatan  
Produksi terbatas kendaraan terlihat dalam fitur ini adalah Honda FCX 2005 , yang merupakan khas dari jenis mobil sel bahan bakar hidrogen yang beberapa mobil besar sekarang meneliti dan mengembangkan . Dengan kendaraan tersebut saat ini biaya sekitar $ 1 juta masing-masing , tidak ada saat ini untuk dijual , meskipun ratusan mobil sel bahan bakar kini sedang menjalani tes di jalan dunia .
POLTRAN.ac.id

2 komentar: