Common
Rail adalah sistem injeksi bahan bakar langsung ke dalam silinder dengan melalui saluran tekanan tinggi yang
dihubungkan dengan semua injektor.
gambar diatas adalah mesin diesel tanpa commonrail,
sistem diesel diatas besarnya penyemprotan bahan bakarnya diatur oleh masing-masing injektor. jadi setiap injektor berbeda-beda besar bahan bakar yang di semprotkan ke ruang bakar.
Ciri-ciri
system commonrail :
• Tekanan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan
• Tekanan sangat tinggi, atomisasi lebih baik
• Tekanan tidak dipengaruhi oleh putaran mesin
• Memungkinkan beberapa injeksi pada tiap langkah
kompresi
• Selisih jumlah injeksi antar silinder sangat
sedikit
• Bebas menentukan saat penyemprotan (awal,
utama, akhir)
• Tidak ada pembatasan momen putar
•
Secara umum tiap pompa
tekanan tinggi mempunyai 3 elemen pompa
•
KEUNTUNGAN COMMONRAIL
•
• Seluruh emisi tereduksi (HC, CO, NOx,…..)
• Partikel emisi juga tereduksi
• Suara lebih halus, getaran……
• Efisiensi bahan bakar meningkat
• Daya naik
PERBANDINGAN DAYA
KONSTRUKSI COMMONRAIL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar